Selasa, 18 Mei 2010

Manfaat Coklat

Sebelum kita mengetahui apa aja cie manfaat yang ada didalam kandungannya ? dan Jenis-jenisnya apa aja ? Maka kita harus terlebih dahulu tau asal usul kata Coklat itu sendiri.

Coklat bermanfaat untuk kesehatan, Kecantikan, maupun ibu hamil

Kata coklat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Suku Aztec dan Maya di Mexico percaya bahwa Dewa Pertanian telah mengirimkan coklat yang berasal dari surga kepada mereka. Cortes kemudian membawanya ke Spanyol antara tahun 1502-1528, dan oleh orang-orang Spanyol minuman pahit tersebut dicampur gula sehingga rasanya lebih enak. Coklat kemudian menyebar ke Perancis, Belanda dan Inggris. Pada tahun 1765 didirikan pabrik coklat di Massachusetts, Amerika Serikat. Dalam perkembangannya coklat tidak hanya menjadi minuman tetapi juga menjadi snack yang disukai anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Selain rasanya enak, coklat ternyata berkhasiat membuat umur seseorang menjadi lebih panjang. Suatu studi epidemiologis telah dilakukan pada mahasiswa Universitas Harvard yang terdaftar antara tahun 1916-1950. Dengan menggunakan food frequency questionnaire berhasil dikumpulkan informasi tentang kebiasaan makan permen atau coklat pada mahasiswa Universitas Harvard.

Coklat (atau cokelat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, makanan yang banyak disukai. Membayangkan saat mengulum atau menyeruput segelas coklat hangat atau menikmati kue tart dengan lapisan coklat pasti membuat banyak orang tidak sabar untuk melakukannya. Bukan hanya sebagai cemilan untuk anak kecil, tetapi coklat juga banyak dinikmati orang dewasa. Bahkan, coklat sering dijadikan hadiah untuk orang tersayang

Manfaat Cokalat Bagi Kesehatan

Coklat mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kanker.
Biji coklat mengandung lemak 31%, karbohidrat 14% dan protein 9%. Protein coklat kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin, dan tyrosin. Meski coklat mengandung lemak tinggi namun relatif tidak mudah tengik karena coklat juga mengandung polifenol (6%) yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah ketengikan.

Manfaat Coklat Bagi Ibu Hamil

Kita terkadang berfikir ibu hamil itu tidak boleh makan sembarang tapi ternyata coklat bermanfaat pula untuk ibu hamil

Wanita hamil dianjurkan mengonsumsi cokelat, terutama cokelat hitam. Cokelat bisa mengurangi resiko terkena pre-eklampsia, sejenis penyakit tekanan darah secara mendadak yang timbul pada saat hamil. Sebab cokelat mengandung theobromine yang bermanfaat mencegah pre-eklampsia. Dokter Elizabeth W. Triche dari Universitas Yale, New Haven Amerika serikat,membuktikan khasiat itu.

Dalam situs reuters.com disebutkan, ia bersama koleganya meneliti 2.291 wanita yang baru saja melahirkan, mereka ditanya berapa banyak cokelat yang di makan dalam tiga bulan pertama dan terakhir dimasa kehamilan . Peneliti juga memeriksa kadar thebromine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar